PASKIBRA MAN 1 GRESIK RAIH JUARA 2 LKBB JOKO TINGKIR SE-JAWA TIMUR

Predikat MAN 1 Gresik sebagai madrasah yang beprestasi tampaknya tidak berlebihan. Hal itu tampak dari prestasi MAN 1 Gresik yang terus bertambah dari hari ke hari. Tidak hanya prestasi akademik yang terus bertambah, namun juga prestasi nonakademik yang terus dipersembahkan oleh siswa-siswi MAN 1 Gresik.

Prestasi nonakademik kali ini dipersembahkan oleh Tim Paskibra MAN 1 Gresik. Prestasi tersebut dipersembahkan setelah mereka berhasil meraih Juara Caraka 2 Lomba LKBB Joko Tingkir S-2 tingkat SMA se-Jawa Timur yang diselenggarakan di MAN 2 Lamongan. LKBB tersebut diikuti oleh 60 peleton terbaik di Jawa Timur pada Selasa 6 Februari 2024.

LKBB Joko Tingkir adalah lomba ketrampilan baris berbaris yang diselenggarakan oleh MAN 2 Lamongan. Kompetisi yang rutin diselenggarakan tiap tahun tersebut merupakan salah satu kompetisi bergengsi bagi pasukan pengibar bendera atau Paskibra pada jenjang SMA/SMK/MA dan SMP/MTs. Pasalnya kompetisi tersebut diikuti oleh berbagai tim paskibra dari berbagai sekolah di Jawa Timur. Selain itu, tim yang berpartisipasi dalam LKBB Joko Tingkir ini bersifat terbatas. Sehingga tidak semua tim Paskibra dapat berpartisipasi.

Menurut pembina Paskibra MAN 1 Gresik Kak Yudha Kurniawan bahwa beliau bersama Kak Sasongko Fiqri Wahyu menyiapkan Tim Paskibra MAN 1 Gresik selama lebih kurang 1 bulan terkahir guna menghadapi LKBB Joko Tingkir. Kemudian dalam dua minggu tersebut mereka berdua menyiapkan tim secara intensif.

Selama lebih kurang satu bulan latihan, tim pembina menyiapkan Tim Paskib MAN 1 Gresik dengan latihan fisik dan PBB. Selain itu tim yang dikirim dalam LKBB ini juga diberikan pemahaman materi tentang Perpang nomor 58 tahun 2018. Latihan dilaksanakan sepulang kegiatan belajar mengajar, dan juga dilaksanakan pada saat libur sekolah atau akhir pekan.

Ketika ditanya menganai kendala selama persiapan, Kak Yudha Kurniawan menyampaikan bahwa tidak ada kendala yang cukup berarti selama lomba tersebut berlangsung. Namun karena saat ini memasuki musim hujan sehingga pada saat latihan Tim Paskib MAN 1 Gresik harus berlatih dibawah guyuran hujan. Bahkan beberapa kali latihan dalam kondisi hujan lebat. Namun hambatan tersebut tidak mengurangi semangat Tim Paskib MAN 1 Gresik untuk berlatih.

Atas keberhasilan yang diraih oleh Tim Paskib, Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan selamat dan apresiasi atas perjuangan yang telah dilakukan. Beliau menyatakan bahwa selama proses menuju LKBB beberapa kali melihat langsung bagaimana Tim paskib berlatih sore hari sepulang sekolah dan latihan tersebut dilakukan secara intensif. Meskipun dalam kondisi hujan pun Tim Paskib terus semangat berlatih. Beliau berharap semangat juang ini dapat ditularkan pada siswa-siswi MAN 1 Gresik yang lainnya. Prestasi ini jangan menjadikan kita cepat puas, namun harus ditingkatkan pada kompetisi berikutnya.

Leave a Comment